Search This Blog

Home » , , » XAMPP Tutorial : Cara menghubungan Server Lokal (Edisi Kembali dari Hiatus)

XAMPP Tutorial : Cara menghubungan Server Lokal (Edisi Kembali dari Hiatus)

Posted by Dreamweaver Tutorial on Thursday 6 December 2018

Halo Guys, Sekarang admin sudah kembali dari hiatus. Wah, lama banget ea saya hiatus nya. Ini karena setelah Lulus sekolah, saya jadi banyak pekerjaan di tempat kerja. Jadi, mumpung ada luang waktu, saya kembali menulis Blog tutorial.

Kali ini spesial "Kembali dari Hiatus", saya belum bisa langsung ngelanjutin tutorial tentang Dreamweaver, jadi saya langsung pemanasan dulu. Yaitu saya akan mengasih tutorial tentang "Cara menghubungkan Server Lokal dengan XAMPP".

Langsung saja ikuti langkah - langkah berikut :



  1. Buka XAMPP Control Panel
  2. Lalu klik tombol Start pada "Apache" dan "MySQL"

  3. Tunggu sampai Apache dan MySQL mendapatkan Port(s)

Untuk memastikan apakah Server Lokal terhubung atau tidak, lakukan langkah - langkah berikut :
  1. Buka Browser
  2. Ketik "localhost" (tanpa tanda petik) pada Address Bar
  3. Maka Tampilannya akan muncul.
Sebenarnya, tampilannya gk kyk gambar diatas sih.. Itu karena saya sudah menghapus tampilan Awal XAMPP Localhost nya, jadi gitu deh. Maaf yaa... :v :v

Lalu, untuk memastikan apakah MySQL nya bisa diaksees atau tidak, lakukan langkah - langkah berikut :
  1. Pada Browser, Ketik "localhost/phpmyadmin" (tanpa tanda petik) pada Address Bar
  2. Maka tampilan MySQL nya akan muncul.

Nah, demikianlah tutorial yang saya bagikan kali ini, walaupun singkat semoga bermanfaat untuk kalian. Terima Kasih.

Thanks for reading & sharing Dreamweaver Tutorial

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Translate